tanda tidak profesional

Bila Anda Memiliki 6 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Tidak Profesional Dalam Pekerjaan Anda

All Trending Struggle

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Terlihat Tidak Profesional, 6 tanda tidak profesional

Dunia kerja bukan lagi arena bermain di mana Anda bebas melakukan apapun sesuka hati. Ini dia enam kebiasaan yang bisa membuat Anda terlihat tidak profesional di mata rekan kerja.

1. Sering Datang Terlambat

Biasakan datang tepat waktu untuk menghargai sesama rekan kerja maupun orang yang mengundang Anda ke suatu acara. Selalu datang terambat dengan alasan terjebak macet kini sudah tidak berlaku lagi di kota besar seperti Jakarta. Ya, ini memang kejam, tapi kondisi jalanan yang selalu padat mengharuskan Anda menyiapkan waktu tambahan untuk perjalanan.

2. Tidak Membaca dengan Hati-Hati

Jangan pernah mengabaikan persyaratan atau detail dalam dokumen. Misalnya saat melamar kerja, baca dengan teliti deskripsi pekerjaan dan ketentuan yang ada. Jangan sampai tidak melampirkan informasi yang dibutuhkan padahal sudah terlampir di e-mail yang Anda terima.

3. Berpakaian Tidak Sesuai

We dress to impress. Sebelum menghadiri undangan pesta maupun wawancara kerja, sebaiknya cari tahu dulu dress code perusahaannya. Selalu sesuaikan pakaian dengan acara, waktu, dan tempat agar tidak salah kostum. Tak mau ‘kan tampil underdressed atau overdressed di acara yang akan dihadiri orang-orang penting?

4.Kurang Fokus

Tetap fokus saat bekerja memang sulit, apalagi dengan adanya gangguan notifikasi media sosial yang bisa muncul kapan saja. Saat di kantor, selalu prioritaskan pekerjaan dan kurangi frekuensi mengecek media sosial. Jangan sampai saat meeting Anda kepergok tidak memerhatikan karena sibuk dengan smartphone!

5. Tak Bisa Menerima atau Memberi Kritik

Jangan takut menyakiti perasaan sesama rekan kerja untuk memberi kritik demi kemajuan karier. Selain itu, Anda juga harus belajar menerima kritik untuk memperbaiki performa kerja. Anda harus bisa membagi antara hubungan pertemanan dan profesional.

6. Lebih Banyak Bicara Daripada Mendengar

Banyak bicara tanpa pengetahuan sama saja menunjukkan Anda tidak profesional. Agar bisa bertahan  di dunia kerja, Anda tentu perlu belajar dari orang lain. Mendengarkan dan menyimak saat atasan atau rekan kerja bicara adalah salah satu cara menunjukkan rasa antusias untuk mempelajari hal baru. Talk less and listen more! 

(Soca Massardi/VP/Image: Outnow.ch)