anak kecil bekacamata belajar di perpustakaan

9 Tips Agar Belajar Apapun Bisa Menjadi Efektif!

Tahu Motiv

Sering terjadi pada murid-murid bahwa mereka kesulitan konsentrasi pada mata pelajaran sekolah yang diajarkan oleh guru. Sehingga ketika ada tugas / pekerjaan rumah, sudah bisa dipastikan hasil yang diperoleh kurang memuaskan atau mendapatkan nilai minim.

Lalu bagaimana cara nya agar belajar menjadi efektif ?

Mudah menghafal mata pelajaran sekolah dan mampu mengerjakan tugas kelompok sekolah? Umumnya menyelesaikan tugas pelajaran di rumah terasa lebih mudah ketimbang di sekolah.

Lebih dapat berkonsentrasi disaat belajar sendiri, berbeda juga ketika tugas sekolah berkelompok, yang biasanya lebih memakan waktu lama, karena selalu diselingi dengan bercanda saja.

Untuk itu, cobalah tips praktis dibawah ini untuk membantu supaya belajar menjadi efektif:

1. Diselingi Dengan Istirahat – Jika merasa mulai jenuh atau bosan belajar terus menerus, ada baiknya diselingi dengan istirahat. Misalkan setiap belajar 1 jam, istirahatnya sekitar 10 menit. Kita bisa melakukannya sambil keluar dulu dari dalam ruang belajar, ambil minum atau makan makanan kecil, tapi jangan lupa untuk balik lagi buat belajar.

2. Mengatur Tata Ruangan Belajar – Kenyamanan ruang belajar juga bisa membuat suasana belajar kita menjadi enak. Jangan sampai ruangan tersebut berantakan, rapikan dulu barang-barang yang acak-acakan tersebut, jika sudah rapi akan keliatan lebih luas dan segar. Ini juga merupakan bentuk cara belajar efektif yang mempunyai faktor besar.

3. Mendengarkan Musik – Belajar sambil mendengarkan musik bisa membantu kita agar berpikir jernih. Hmm.. boleh dicoba tuh, tapi jangan sampai musik yang diputar adalah jenis musik hingar bingar, malahan tidak bisa konsentrasi nantinya. Carilah musik yang lembut, dan kalo bisa musik instrumental (tapi hati-hati, jangan sampai ketiduran ya!).

4. Belajar Sekaligus Praktek – Cara belajar efektif yang tidak membosankan keempat adalah jika belajar hanya dengan membaca (teori) saja, bisa menyebabkan jenuh, coba untuk melakukannya (praktek). Misalnya pelajaran IPA, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan demikian kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi mengasyikan, sekalian membuktikan kebenaran teori tersebut.

5. Belajar dengan Rutin – Dengan belajar dengan rutin, kita bisa mengingat pelajaran yang dahulu pernah diajarkan oleh guru maupun belum pernah diajarkan.

6. Jadilah Seorang Detektif – Detektif? ini kan belajar bukannya memecahkan kasus kejahatan? maksudnya adalah, di dalam belajar, anggaplah pelajaran itu sebagai teka-teki yang harus dipecahkan, atau kasus yang sangat sulit untuk diselesaikan. Seperti di film detektif Conan, kalo kita berhasil memecahkan kasus tersebut, berarti kita adalah detektif yang hebat.

7. Ciptakan Suasana Yang Kondusif – Dalam cara belajar efektif, Anda harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang dipelajari itu dapat dicerna dengan baik. Anda harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan tidak penat dalam belajar.

8. Sering Tapi Jangan Lama (Rutin Dan Teraturlah Belajar) – Belajar jangan terlalu lama, namun lebih baik frekuensi belajar diperbanyak. Seperti pagi 45 menit, siang 15 menit, sore 30 menit, malam 1 jam. Dengan cara belajar efektif seperti ini mudah-mudahan bisa berjalan baik.

9. Mengerti Bukan Menghafal – Kalau menghafal sesuatu belum tentu dapat di mengerti dengan baik. Saat Anda mengerti topik yang dipelajari, secara otomatis Anda akan paham. Pemahaman ini yang akan membantu menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, Anda pasti bisa jawab. Memang ada beberapa mata pelajaran memang perlu untuk dihafal. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya, baca berulang-ulang, tanpa anda sadari hafalan itu akan melekat di ingatan dengan sendirinya.

Oleh: Muhamad Erzal

(Diolah dari berbagai sumber)

kesekolah.com